CLOCK

CALENDAR

Entri Populer

BLOG REKAN UPTD

BLOG SAHABAT

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.

FUNGSI PUSKESMAS
DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT
DI  PUSKESMAS KARANG SAMBUNG
KABUPATEN BEKASI

Oleh : 
Heni Mulyani, A,MK

Tujuan Pembangunan Kesehatan
Tujuan Pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah mewujudkan Indonesia sehat antara lain memuat harapan agar penduduk Indonesia memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata.
Puskesmas adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan yang menjadi andalan atau tolak ukur dari pembangunan kesehatan, sarana serta peran serta masyarakat dan pusat  pelayanan pertama yang menyeluruh dari suatu wilayah.
Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar mempunyai kewenangan yang besar dalam menciptakan inovasi model pelayanan kesehatan, terutama dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kemauan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan dengan peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kesehatan, kader PKK, pembentukan standar pelayanan kesehatan minimum untuk kinerja sistem kesehatan yang komprehensif.
Menurut Departemen Kesehatan ( 2004 ), Tujuan penyelenggaraan Puskesmas adalah untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan Kesehatan Nasional yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang    setinggi – tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat.
Upaya kesehatan yang dilakukan di Puskesmas sampai saat ini masih menitik beratkan pada upaya kuratif, sedangkan upaya yang bersifat promotif dan preventif masih belum mendapat perhatian baik bagi tenaga kesehatannya sendiri maupun oleh masyarakat.  akibatnya masyarakat berbondong – bondong datang ke puskesmas hanya untuk mengobati sakitnya bukan untuk berkonsultasi tentang bagaimana cara mencegah sakit apalagi untuk  meningkatkan kesehatan, 
Kegiatan Pelayanan Kesehatan bukan sekedar mengobati, tetapi harus secara aktif membina masyarakat agar tidak sampai sakit. Hal tersebut membutuhkan strategi dalam hal pengorganisasian masyarakat untuk terlibat dalam Penyelenggaraan Kesehatan secara mandiri.


Fungsi Puskesmas
Fungsi Puskesmas terdiri dari tiga yaitu :
  1.  Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan,
  2. Pusat pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam Pembangunan Kesehatan
  3. Pusat Pelayanan Kesehatan tingkat pertama.

Puskesmas Dalam Keseharian
      Dari fungsi puskesmas ini jelas peranan Puskesmas bukan hanya persoalan teknis medis tetapi juga bagaimana keterampilan Sumber Daya Manusia yang mampu mengorganisir modal social yang ada di Masyarakat, kemampuan tenaga kesehatan menciptakan inovasi dalam upaya promosi kesehatan sehingga masyarakat memahami dan mau melakukan upaya-upaya mencegah sakit dan meningkatkan kesehatannya.
      Peran serta masyarakat harus dikembangkan, kerja sama lintas sector juga harus terjalin,. Para kader posyandu sebagai mitra dan motor penggerak partisipasi masyarakat harus di motivasi agar memiliki kesadaran, kemauan, dan kemampuan dalam membantu petugas kesehatan meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. Sebab kesehatan milik semua orang, sehingga yang bertanggung jawab terhadap kesehatan bukanlah  petugas kesehatan saja, akan tetapi  setiap orang harus memiliki tanggung jawab.


Kesimpulan
      Untuk menunjang upaya tersebut bukan hanya dilakukan di luar gedung puskesmas saja baik melalui Posyandu, Pusling, Paud, juga tempat pelayanan kesehatan yang lain, tetapi harus dilakukan didalam gedung melalui pendidikan kesehatan yang harus dilakukan setiap tenaga kesehatan tentang sakit yang dikeluhkan oleh pasien, sehingga diharapkan pasien bisa mempraktekkan secara mandiri dirumah mengenai upaya pencegahan dan penanganan sakitnya.


Daftar  Pustaka
  1. Alamsyah ( 2011 ) ‘Manajemen Pelayanan Kesehatan” cetakan 1,Nuha Medika:     Yogyakarta.
  2. www.docstoc.com/ fungsi dan peranan puskesmas untuk meningkatkan kesehatan.
 



























0 komentar

Posting Komentar