CLOCK

CALENDAR

Entri Populer

BLOG REKAN UPTD

BLOG SAHABAT

Tips, Triks dan Tutorial
Diberdayakan oleh Blogger.

FUNGSI PUSKESMAS
DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT
DI  PUSKESMAS KARANG SAMBUNG
KABUPATEN BEKASI

Oleh : 
Heni Mulyani, A,MK

Tujuan Pembangunan Kesehatan
Tujuan Pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah mewujudkan Indonesia sehat antara lain memuat harapan agar penduduk Indonesia memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata.
Puskesmas adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan yang menjadi andalan atau tolak ukur dari pembangunan kesehatan, sarana serta peran serta masyarakat dan pusat  pelayanan pertama yang menyeluruh dari suatu wilayah.
Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar mempunyai kewenangan yang besar dalam menciptakan inovasi model pelayanan kesehatan, terutama dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kemauan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan dengan peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kesehatan, kader PKK, pembentukan standar pelayanan kesehatan minimum untuk kinerja sistem kesehatan yang komprehensif.
Menurut Departemen Kesehatan ( 2004 ), Tujuan penyelenggaraan Puskesmas adalah untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan Kesehatan Nasional yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang    setinggi – tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat.
Upaya kesehatan yang dilakukan di Puskesmas sampai saat ini masih menitik beratkan pada upaya kuratif, sedangkan upaya yang bersifat promotif dan preventif masih belum mendapat perhatian baik bagi tenaga kesehatannya sendiri maupun oleh masyarakat.  akibatnya masyarakat berbondong – bondong datang ke puskesmas hanya untuk mengobati sakitnya bukan untuk berkonsultasi tentang bagaimana cara mencegah sakit apalagi untuk  meningkatkan kesehatan, 
Kegiatan Pelayanan Kesehatan bukan sekedar mengobati, tetapi harus secara aktif membina masyarakat agar tidak sampai sakit. Hal tersebut membutuhkan strategi dalam hal pengorganisasian masyarakat untuk terlibat dalam Penyelenggaraan Kesehatan secara mandiri.

BACA SELENGKAPNYA..KLIK DISINI.